Rabu, Oktober 12, 2011

1 Tim bukan milik 1 orang...

Satu tim adalah satu tempat di mana kita bisa berlatih banyak hal. Istilah "team work" yang biasa disebutkan dalam banyak bidang pekerjaan ini merupakan aspek penting yang menentukan.

Pernahkah kamu masuk dalam satu tim tapi tidak merasa menyatu di dalamnya?

Dalam aspek pengembangan sumber daya manusia, hal ini dibutuhkan untuk mengembangkan suatu industri. Mengapa? Tentu saja, dalam suatu industri, tidak mungkin hanya satu orang yang mengerjakan semuanya. Perlu adanya toleransi dan tanggung jawab yang mendukung sistem, dan ini dapat diperoleh dengan kerja tim.

Kerja dalam satu tim tidaklah mudah. Ini dapat terasa mulai dari kita dalam permainan kanak-kanak, belajar kelompok di sekolah, atau bahkan dalam mengerjakan tugas selama perkuliahan. Tapi, semakin cepat kita belajar bekerja dalam tim, semakin baik perkembangan kita dalam beradaptasi di suatu tim.

Mengapa tidak mudah?
Ya, karena di dalamnya terdiri dari beberapa orang dengan karakteristik berbeda. Aku, misalnya, adalah seorang yang cukup perfeksionis untuk beberapa hal. Sementara, aku ditempatkan dalam satu tim yang berisi orang yang kerjanya tidak perfect-perfect amat, yang penting kerjaan beres cepat. Ada lagi,, dalam suatu mata kuliah ***,, aku ditempatkan dengan seseorang yang suka memimpin, tetapi agak kurang tegas dan cukup kurang memperhatikan penjelasan tentang apa yang harus kami lakukan.. So, butuh kesabaran tingkat tinggi untuk mengulang penjelasan tugas tim. Selain dia, aku mendapatkan rekan yang sangat sabar dan lembut,, beruntunglah aku. Selain itu, ada juga yang heboh,, ada juga yang pendiam, dan lain-lain. 
Memahami itu semua bukanlah hal yang mudah, untukku... Bagaimana untukmu?

Walau begitu, kerja tim tetaplah kubutuhkan untuk perkembangan pribadiku,, dalam memahami orang lain dan belajar meyakinkan diri bahwa: orang lain bukanlah kita dan kita bukanlah orang lain.. setiap orang memiliki keistimewaan sendiri..

So, tetaplah berpegang tangan dengan rekan satu timmu,, dan jangan pernah tumpukkan satu tugas ke satu anggota tim..
Terus semangat dan tersenyum, capai tujuan utama dari tim mu,, 
Semakin bersatu dengan tim,, tentunya produktifitas tim akan meningkat dan kamu akan menuai hasilnya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar