Selasa, Oktober 09, 2012

Pertemuan hari ini

Sekitar pukul 10 pagi hari ini, tiba-tiba dosen kedua saya menelepon untuk segera datang ke dept karena pak S sudah datang. Alhasil saya terburu-buru pergi ke dept menggunakan sarana yang menghasilkan emisi.

Di sana sudah ada pak S dan prof. EGS lalu kami membicarakan penelitian kami. Ternyata pak S sudah mengerjakan semua yang seharusnya saya kerjakan di Lampung. Oleh karena itu Prof. EGS memutar otak mencari apa yang bisa saya teliti sedemikian sehingga penelitian saya membantu penelitian pak S. Yang kurang dari penelitian pak S yang "excellent" adalah  feasibility study. Prof. EGS menanyakan saya apakah saya  mengerti dengan dalam mengenai FS tersebut dan spontan saja saya katakan tidak. Setelah itu, diputuskan saya tetap di bagian manajemen teknologi dengan melakukan perbandingan 3 teknologi (India, Eropa (Jerman), dan Indonesia. Setelah itu, penelitian dilanjutkan terkait dengan analisis investasi dan ini benar-benar lebih ke arah manajemen, bukan lingkungan. Saya diberi waktu 2 hari untuk mempelajari secara cepat dan melaporkan setelah satu minggu. Dan Prof.S dosen pertama saya sudah ada di situ saat Prof.EGS mengatakan hal itu.

Yang membuat saya terkesan, adalah pembicaraan kedua Prof. saya itu. Prof ke-2 mengatakan bahwa saya jadi tidak berat karena tidak harus ke Lampung karena ke Lampung membuat saya keberatan. Akan tetapi, Prof. ke-1 saya mengatakan bahwa itu tidak benar, karena saya senang waktu diberi tahu akan ke Lampung. Kenyataannya adalah Prof. ke-1 saya benar dan saya benar-benar terkesan karena beliau sangat mengerti saya. hahaha :D Saya memang senang waktu diberi tahu akan ke Lampung karena itu sudah saya inginkan sejak lama.

Pembicaraan lainnya adalah Prof. ke-2 saya meminta ijin untuk mengarahkan saya terlebih dulu, tetapi dengan porsi Prof. S 60%, Prof. EGS 40%. Prof. saya mengatakan kepada Prof. satunya untuk tidak sungkan hanya karena senioritas.

Prof. EGS mengatakan kepada saya bahwa pendidikan S-1 saya ini bisa dibilang "mahal" atau mungkin maksudnya "mewah" karena saya dibimbing oleh dua profesor, profesor muda dan profesor tua. Oleh karena itu, saya diharuskan gerak cepat dan wajib memberikan hasil penelitian yang baik dan memuaskan. Tugas yang harus ditanggung cukup berat, kata beliau. Ini membuat saya cukup tegang.

Yang lucu dari pertemuan kali ini adalah saat saya memasukkan fd saya ke laptop beliau. Lalu beliau menanyakan kenapa nama FD saya adalah Tania_Surya. Beliau mengira itu nama pacar saya. Saya memberitahukan bahwa itu adalah singkatan dari nama saya karena nama saya Derbie Octania Suryanto. Beliau mengira bahwa nama panggilan saya adalah Tania, dan menurut beliau nama itu lebih mudah daripada menyebutkan "Derbie". Ini membuat saya tersenyum.

Yah begitulah pertemuan hari ini. Saya sempat mendengar istilah yang agak unik yaitu "membunyikan" dan "menjual" karena konteksnya benar-benar berbeda dengan konteks kita memakai kedua kata itu pada umumnya.  Saya, walaupun agak sedih dan tegang, cukup senang dan bersyukur setelah mendengar cerita Pak S tentang bagaimana sulitnya beliau mendapatkan data-data tersebut. Selain jalan yang rusak, akses yang sulit, ternyata memasuki beberapa perusahaan tersebut tidak semudah saya memasuki perusahaan tempat saya PL. Itu terjadi bahkan di tempat teman dari bapak S menjabat sebagai manajer senior atau dengan link dari lawyer perusahaan tersebut. Bahkan bapak S harus meminta bantuan dinas pemantau perusahaan tersebut. Wah, beliau memang "excellent" bisa mendapatkan data dari tempat sesulit itu selama 5 bulan. Aku juga harus semangat membantu beliau dan membantu diri saya sendiri :D

Above all, Thanks God, You are the Only One who knows what I need :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar