Jumat, September 14, 2012

Jalan-jalan ke MB-IPB :D

Hari ini pengalaman pertamaku berkunjung ke MB-IPB. Apa itu MB-IPB? Ini adalah sekolah pascasarjana Manajemen dan Bisnis Institut Pertanian Bogor, yang terletak di Jalan Pajajaran Bogor.

Kunjungan ini dilakukan karena aku butuh informasi yang dapat diperoleh di tesis beberapa mahasiswa bimbingan dosen. Rencana berangkat pukul 7 dari Darmaga akhirnya ngaret seperti biasa, menjadi pukul 8.30. Aku pergi ke sana dengan ditemani seorang teman dekat, namanya S.K.Sitompul, dengan menggunakan sepeda motor.

Sesampainya di sana, kesan yang aku dapatkan adalah W.O.W. Meskipun terlihat sederhana dari luar, tetapi ternyata gedungnya keren. Kami memasuki gedung utama MB-IPB dan menyerahkan kartu tanda pengenal serta diberi tanda pengenal berupa nametag "Visitor". Dari meja resepsionis itu, akhirnya kami masuk melewati taman yang asri, dengan beberapa tempat duduk yang dapat digunakan untuk diskusi. Perpustakaan di sana ternyata ada dua, yaitu perpustakaan buku dan perpustakaan penelitian. Karena yang aku butuhkan adalah tesis, maka perpus yang dituju adalah perpus penelitian. Letaknya sebenarnya tidak jauh dari tempat fotocopy  dan dari tempat parkir motor. Sesampainya di sana, ternyata ada loker berupa rak untuk menaruh tas. Karena kami visitor, kami dikenakan biaya Rp5000,- per orang. Fasilitas perpustakaan hampir mirip dengan perpustakaan induk di IPB Darmaga. Bedanya, perpus penelitian ini cukup kecil. Walaupun kecil dan sederhana, suasananya sangat nyaman.

Hal yang cukup perlu diperhatikan saat membaca tesis di sini adalah tidak diperbolehkan menggunakan kamera foto untuk mengambil gambar. Akan tetapi, tetap saja ada yang mengambil foto menggunakan telepon selular. Saya sempat berniat untuk mem-foto copy tesis di situ, karena biasanya di perpustakaan LSI IPB Darmaga, hal seperti itu diperbolehkan dan cukup terjangkau. Akan tetapi, saya akhirnya tahu bahwa fotocopy di situ hanya bisa dilakukan melalui petugas, dengan tarif Rp2000,- per lembar. Itupun tidak dapat jadi saat itu juga, alias butuh waktu lama. Akhirnya, saya memutuskan untuk mencatat hal-hal yang saya butuhkan. Untungnya, teman saya, SKS, membantu saya dalam mencatat hal-hal yang saya perlukan.

Di akhir kunjungan, kami ingin ke toilet. Waktu ditanyakan ke orang yang ada di dekat kami, kami ditunjukkan jalan ke toilet. Untungnya, kami membaca dulu. Toilet yang di sebelah kanan itu, ternyata toilet pria. Toilet wanita ada di sebelah kiri, jika kita datang dari arah perpus penelitian. Di situ, fasilitasnya cukup nyaman. Ada bakiak yang disediakan sehingga kebersihannya terjaga. Di akhir, kami menyerahkan nametag dan mengambil lagi kartu tanda pengenal kami. FYI, parkir motor di sini gratis :D

Begitulah kisah kunjungan singkat kami hari ini.

DO Suryanto dan SK Sitompul

Tidak ada komentar:

Posting Komentar